9 Wisata Alam di Jawa Timur Layak Dikunjungi

1. Gunung Bromo, Malang
Siapakah yang belum pernah mendengar akan pesona Gunung Bromo? Tak berlebihan bila kita menyebut Gunung Bromo sebagai mahakarya Tuhan. Nama Bromo berasal dari nama Dewa Brahma. Gunung Bromo yang berada di Taman Nasional Bromo Semeru ini berada di ketinggian 2393 mdpl dan dikelilingi lautan pasir seluas 5.250 hektar. Keunikan alam ini hanya ada di Indonesia. Di Gunung Bromo, Anda dapat berkuda atau mendaki anak-anak tangga. Keindahan pemandangan yang paling dinantikan adalah saat matahari terbit. Sungguh menakjubkan melihat matahari bersinar naik ke langit di balik gunung. Suhu di Gunung Bromo berkisar antara 3 hingga 20 derajat Celcius, namun dapat mencapai beberapa derajat di bawah nol saat musim kemarau.

2. Kawah Ijen Banyuwangi
Wisata alam di Jawa Timur yang tak kalah mempesonanya dari Gunung Bromo adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen – atau Gunung Ijen – terletak di tiga kabupaten, yaitu: Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang. Para pengunjung dapat melihat para penambang membawa tumpukan belerang melewati jalan yang curam dan dipenuhi gas beracun. Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah yang terbesar di dunia. Danau kawah ini memiliki keindahan yang sungguh memukau dengan warnanya yang hijau tosca dan api biru. Panorama memikat ini dapat disaksikan di malam hari hingga menjelang subuh. Di balik keindahannya, danau kawah ini pun menyimpan bahaya. Danau dengan kedalaman 200 meter ini memiliki derajat keasaman nol yang dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

3. Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura berada di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, masih di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Wisata alam di Jawa Timur yang satu ini kerap dijuluki sebagai air terjun abadi. Pasalnya, air terjun Madakaripura tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan. Air terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian 620 mdpl dan berbentuk curuk yang dikeliling bukit-bukit yang meneteskan air seperti curahan hujan. Saat berada di air terjun Madakaripura, kita akan merasa seolah berada di sumur raksasa. Di air terjun Madakaripura, Anda dapat melihat indahnya sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu ditingkahi gemuruh air.

4. Goa Gong Pacitan
Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 37 km arah barat kota Pacitan. Goa Gong ini dikelilingi pegunungan,yaitu Gunung Manyar di sebelah utara, Gunung Karang Pulut di sebelah selatan, Gunung Gede di sebelah timur, dan Gunung Grugah di sebelah barat. Goa Gong ini memiliki kedalaman sepanjang 256 meter dengan stalaktit dan stalagmit yang sudah berumur ratusan tahun. Stalaktit dan stalagmit ratusan tahun inilah yang menjadi pesona keindahan Goa Gong. Goa Gong sendiri dinamai demikian karena warga kerap mendengar suara-suara serupa tabuhan gong dari dalam goa. Suara gong tersebut bersumber dari tetesan air alam goa yang menyentuh stalaktit dan stalagmite. Bunyinya sangat harmonis dan indah.

5. Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah atau Pulo Merah merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini menjadi salah satu pesona wisata alam di Jawa Timur dengan bentuknya yang menyerupai pegunungan di tengah pantai. Pasir putihnya menghampar seluas 3 km dengan air laut yang sungguh jernih. Saat mengarahkan pandangan ke timur, Anda akan melihat barisan gunung dengan pohon-pohon kelapa dan pohon pisang. Sementara saat laut surut, Anda dapat berjalan kaki menuju gunung kecil di tengah pantai yang tanahnya berwarna merah. Itulah sebabnya mengapa dinamakan Pulau Merah. Ombak di Pulau Merah ini sangat cocok untuk berselancar. Aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan di Pulau Merah adalah memancing, bermain air, bermain pasir, berjemur, dan snorkeling.

6. Gunung Banyak
Gunung Banyak adalah satu lokasi wisata alam di Jawa Timur yang kerap dikunjungi atlet paralayang. Yup! Di Gunung Banyak, Anda dapat memacu adrenalin Anda dengan olahraga paralayang sambil menikmati keindahan kota Batu. Gunung Banyak berada di ketinggian 1300 mdpl dan terletak di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Bagi Anda yang tidak tertarik untuk berolahraga paralayang, Anda bisa menginap di rumah pohon Omah Kayu. Nikmati serunya menginap di hotel yang didirikan di atas pohon di ketinggian 1.000 mdpl. Dari rumah pohon Omah Kayu, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan kota Batu. Suasananya sangat alami dengan hawa yang sejuk. Di malam hari, ribuan lampu-lampu kota menjadikan suasana lebih memikat. Namun Omah Kayu ini tidak disarankan untuk mereka yang takut ketinggian atau memiliki penyakit jantung.

7. Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung – dikenal juga dengan nama G-Land – adalah salah satu pantai di Banyuwangi yang dijuluki The Seven Giant Waves Wonder. Ombak di Pantai Plengkung ini memiliki ketinggian 4-6 meter sepanjang 2 km dalam formasi tujuh gelombang bersusun. Tak heran bila Pantai Plengkung menjadi surge para peselancar lokal dan mancanegara. Adapun pemberian nama G-Land berasal dari nama Teluk Grajagan. Pantai Plengkung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo ini dikelilingi hutan tropis yang masih alami.

8. Arung Jeram Pekalen
Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, sekitar 25 km dari kota Probolinggo. Bagi Anda yang menggemari olahraga arung jeram, Anda dapat mengarungi Sungai Pekalen ini. Di Sungai Pekalen ini ada sekitar 50 jeram dengan tingkat kesulitan arung jeram class 2 sampai 3+. Selama mengarungi jeram selama kurang lebih 3,5 jam, Anda akan disuguhi keindahan tebing-tebing, 7 air terjun, dan goa-goa kelelawar. Anda bahkan dapat bertemu dengan hewan-hewan seperti burung elang, kepodang, monyet, tupai, dan lingsang. Anda tak perlu khawatir karena capten alias pemandu arung jeram akan menjaga keamanan dan keselamatan Anda selama arung jeram. Yang penting, Anda mengikuti instruksi pemandu dan tidak panik.

9. Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km arah barat kota Pacitan. Pantai Klayar memiliki keindahan yang sungguh eksotik. Pantainya berpasir putih, dengan batu karang yang bentuknya menyerupai sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter. Pantai Klayar ini semakin mempesona berkat keberadaan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya. Di Pantai Klayar ini Anda tidak dapat berenang. Sayangnya, akses menuju Pantai Klayar masih agak sukar. Anda harus melewati jalanan yang berkelok-kelok, naik-turun, dengan beberapa bagian jalan yang belum diaspal ataupun rusak.

Lebih lengkap rasanya jika anda berwisata tanpa merusak lingkungan, apalagi saat lapar dan haus menyerang, membuat kudapan ssegar di tempat pun menjadi sebuah tantangan. Jadiikan tantangan sebagai percobaan seru dengan memasak dan membuat minuman segar.

Hotone Flameless Cooker Whatsapp 08815570221

Ketiga alat tersebut dapat anda pilih sesuai kebutuhan saat berwisata.

Info dan Pemesanan:

Whatsapp: 0881 557 0221

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s